JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Bakal Calon Presiden (Jubir Bacapres) Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Partai Gerindra akan menggelar Rapimnas pada Senin (23/10/2023) untuk menentukan Calon Wakil Presiden sekaligus mengumumkannya.

Dahnil menuturkan Prabowo juga bakal mendaftar pencalonannya di Pilpres 2024 nanti ke KPU pada Selasa (24/10).

“Insya Allah hari ini ada rapat, besok ada Rapimnas di Gerindra. Kemudian setelah Rapimnas akan diumumkan langsung siapa calon wakil presiden. Dan Insya Allah hari Selasa kita akan mendaftar ke KPU,” ujar Dahnil dalam acara Deklarasi Nasional Posko Nasional Prabowo di Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Prabowo sendiri saat ini disebut tengah dalam masa cuti dari jabatannya Menteri Pertahanan. Dahnil mengatakan cuti tersebut diambil untuk mengurus proses pendaftaran capres.

Pengajuan cuti ini disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan permintaan izin untuk mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Beliau (Prabowo) pertama mengajukan surat resmi kepada presiden per tanggal 18. Pak prabowo itu mengajukan dua surat. Pertama ada surat permohonan izin ke presiden bahwasanya beliau akan mengikuti proses pilpres itu dulu,” tutur Dahnil.

“Kemudian yang kedua, surat yang kedua diajukan per tanggal 18 juga itu permohonan cuti untuk melakukan proses pendaftaran,” imbuhnya.

Dahnil menyebut surat tersebut telah dijawab oleh Mensesneg, dan Prabowo saat ini telah diizinkan cuti hingga periode pendaftaran capres-cawapres selesai.

Prabowo menjadi satu-satunya bacapres yang belum mengumumkan mendaftar ke KPU. Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju bahkan belum mengumumkan siapa nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo.

Jurnalis: Agung Nugroho