Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno resmi dapat kartu tanda anggota (KTA) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rabu (14/6/2023). Dok: PPP

JAKARTA – Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menyebut sudah bisa meminta Menparekraf Sandiaga Uno untuk menjalankan tugas partai. Lantaran, Sandiaga sudah resmi menjadi kader PPP per hari ini, Rabu (14/6/2023).

“Mulai hari ini, besok saya bisa nyuruh-nyuruh Pak Sandi. Hari yang insyaallah bersejarah karena hari ini telah secara resmi bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan yaitu tokoh nasional kita yaitu bapak Sandiaga Salahuddin Uno,” kata Mardiono dalam sambutannya usai melantik Sandiaga Uno menjadi kader PPP, di Kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Dia berujar, dirinya dengan Sandiaga Uno selama ini merupakan mitra kerja dalam kabinet Indonesia Maju. Pasalnya, Mardiono menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden Jokowi, sementara Sandiaga adalah Menparekraf.

“Hari ini, mohon maaf ini saya jadi atasan Pak Sandi lho. Kalau selama ini saya dengan Pak Sandi bermitra, namanya mitra kerja. Karena saya juga utusan khusus presiden, Pak Sandi Menteri Pariwisata,” kata Mardiono dengan nada kelakar.

Mardiono mengatakan Sandiaga tidak terlalu asing bagi dirinya dan PPP. Dia Bahkan sudah mengenal Sandiaga selama 20 tahun, khususnya di organisasi HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan Kadin (Kamar Dagang Indonesia) karena sama-sama sebagai pelaku usaha.

“Hubungannya dengan PPP, sejarah keluarga Pak Sandi juga tidak asing lagi. Kemudian dari semua menteri-menteri yang bergabung di Kabinet Indonesia Maju, ini selalu kita mengundang di acara-acara kegiatan Partai Persatuan Pembangunan, baik di Jakarta atau di daerah, tetapi yang paling kooperatif terakhir sejak tujuh bulan yang lalu, itu adalah Pak Sandiaga,” jelas Mardiono.

“Selama itu pula tujuh bulan Pak Sandiaga selalu melapor progresnya setiap mengunjungi daerah, apakah itu berkunjung ke daerah bertemu dengan kader-kader di tingkat wilayah maupun cabang, Pak Sandi pamit dengan saya dan melaporkan kepada saya secara terus menerus,” jelas Mardiono.

Meskipun Sandiaga saat itu masih menjadi kader Gerindra, Mardiono mengatakan Sandi melaporkan dalam konteks diundang sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang paling aktif selama ini.

Mardiono menegaskan, PPP adalah partai kader, sehingga setiap yang bergabung harus aktif terlibat dalam kegiatan partai.

Jurnalis: Agung Nugroho