Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto bersama Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN, Raja Juli Antoni mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sukoharjo di Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Dok: ATR/BPN

LAMONGAN – PDI Perjuangan menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024-2029 pada Rapat DPP Partai ke-140 Diperluas Tiga Pilar dengan agenda konsolidasi internal, dan silaturahmi Idulfitri 1444 Hijriah di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Ada Sandiaga Uno, Erick Tohir, Khofifah Indar Parawansa, Ridwan Kamil, Yenny Wahid, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto.

Ditanya persiapan calon wakil presiden saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Lamongan, mantan Panglima TNI ini mengaku ingin fokus kerja tak mau memikirkan soal wacana cawapres yang digulirkan oleh sejumlah lembaga survei.

“Ah itu masih lama. Saya ingin fokus kerja, biar Pak Jokowi saja,” kata Hadi kepada wartawan usai membagikan sertifikat di Lamogan, Jawa Timur, Kamis (4/5/2023).

Sebagai informasi Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Desa Kedali, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan untuk menyerahkan 15 Sertifikat Hak Milik hasil dari Program PTSL secara door to door langsung ke rumah warga.

Dari seluruh sertifikat yang dibagikan, sebanyak 14 sertifikat diberikan atas lahan sawah yang diusahakan oleh masyarakat. Hadi Tjahjanto menyebut, dengan dilakukannya penyertifikatan lahan sawah, maka sawah menjadi terlindungi dan tidak mudah untuk diambil alih oleh mafia tanah.

Tidak hanya membagikan 14 sertifikat lahan sawah Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga melakukan ziarah ke makam Sunan Drajat di Lamongan, Jawa Timur.

Diketahui bahwa Hadi Tjahjanto saat berziarah di dampingi oleh salah satu tokoh kiayi Lamongan berserta seluruh jajaran staff Kementerian ATR/BPN.

Jurnalis: Agung Nugroho