Sekretaris Jenderal (Sekjen( Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dok: ist

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan PDIP menyediakan sebanyak 178 bus untuk melakukan mudik gratis 2023.

Selain menggunakan bus, kata Hasto, mudik gratis tersebut akan dilakukan melalui sarana transportasi kereta api (KA) ke daerah Jawa dan Sumatera.

“Kami menyediakan 178 bus. Jadi 17-8, 17 Agustus semua punya makna,” kata Hasto di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4/2023).

Hasto mengatakan, PDIP akan mulai mendirikan posko-posko gotong royong pada 17 hingga 19 April 2023. Lalu, mudik gratis akan diberangkatkan pada 19 April 2023 menggunakan bus dan kereta api.

“Karena progres di dalam membangun kemajuan kereta api yang sangat masif dan modern itu telah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dan juga dengan Menteri Perhubungan Budi Karya yang terus meningkatkan pelayanan transportasi publik yang sangat baik dan puncaknya pada tanggal 19 mudik gratis akan diluncurkan dengan menggunakan bus,” jelas Hasto.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi sudah mempersiapkan penyelenggaraan mudik tahun ini dengan baik, namun tetapi membutuhkan kerja kolaborasi seluruh elemen masyarakat termasuk partai politik.

“Dalam rangka bulan Ramadhan ini saat ini seluruh kader partai bergerak ke bawah dan kami mempersiapkan mudik dengan sebaik-baiknya, membantu pemerintahan Presiden Jokowi yang telah melakukan persiapan dengan baik agar mudik bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Hasto. (*)