Webinar P3S, Kamis (16/3/2023).

JAKARTA – Wacana duet Rizal Ramli dengan Puan Maharani untuk maju di pilpres 2024 mendapat dukungan dari berbagai pihak. Banyak pihak menilai, jika pasangan Rizal-Puan diusung PDI Perjuangan tentu akan mengembalikan partai berlambang kerbau moncong putih itu sebagai partai wong cilik. Selain itu, keduanya diprediksi bakal menangi Pilpres 2024.

Direktur Political Public and Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai duet Rizal-Puan bisa memberikan perbaikan. Dia menyebut bahwa antitesa Jokowi duet Rizal- Puan lawan sepadan dengan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Rizal Ramli merupakan tokoh yang bisa memberikan perbaikan Indonesia dan keberpihakan pada rakyatKarena itu, katanya, duet Rizal-Puan bisa menjadi alternatif pada pemilihan presiden 2024 mendatang,” kata Jerry dalam Webinar P3S, Kamis (17/3/2023).

Jerry menyebut Rizal Ramli sosok yang dekat dengan Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, bukan hal mustahil duet ini akan terbentuk.

“Psikologi politik, jika terjadi akan menarik. Pemilih akan mendapatkan pilihan-pilhan yang terbaik. Namun hal tersebut sangat tergantung dari partai- partai politik apakah mau mencalonkan,” ucap Jerry.                                                                                                                                                                                                                                           Jerry Massie mengatakan, jika Rizal Ramli dipasangkan dengan Puan maka akan mendapatkan banyak keuntungan politis. Diprediksi keduanya bakal memenangkan pilpres 2024 dan PDIP menangi pemilu. Apalagi Rizal Ramli sudah memiliki pengalaman, baik nasional dan internasional. Kiprah Rizal Ramli juga sudah diakui PBB sebagai pakar ekonomi.

“Saat menjabat menteri perekonomian mampu menaikan ekonomi dari minus 3 persen menjadi naik 4 persen. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh beberapa ekonom handal Indonesia seperti Ali Wardana, Marie Muhammad dan Wijoyo Nitisastro. Rizal Ramli merupakan begawan ekonomi,” jelasnya.

Sementara Puan, sambung Jerry, mewakili gender 30 persen dari total pemilih yang ada di Indonesia. Sedangkan Rizal Ramli mewakili ekonom, dunia usaha, dan juga sosial society. Apalagi Rizal Ramli dikenal sebagai aktivis vokal. Selama ini Rizal Ramli juga dikenal tidak neko-neko, berintegritas dan tidak tersandung masalah apapun.

“Nama Rizal Ramli cukup bersih. Tiga kali menteri dan Dirut di salah satu bank ternama di Indonesia. Jadi jika Rizal Ramli -Puan akan jadi lawan terberat Anies-AHY,” pungkas dia.