Kamhar Lakumani Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat. Dok: ist

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bakal bertemu petinggi PKS di DPP Partai Golkar hari ini.

Merespon hal itu Kamhar Lakumani Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat mengatakan prinsip kerjasama koalisinya adalah saling menguatkan, bukan melemahkan. Koalisi Perubahan bersifat terbuka (inklusif), tentu membuka diri bagi partai politik mana pun.

“Jika kemudian silaturahmi PKS dan Partai Golkar pada sore nanti berhasil mengajak Partai Golkar menjadi bagian dari Koalisi Perubahan, akan sangat baik sekali, tentu kami dukung,” kata dia kepada Indonesia Parlemen di Jakarta, Selasa (6/2/2023)

Dia mengatakan silaturahmi dan komunikasi politik lintas partai menjadi suatu keniscayaan dalam sistem multi partai seperti Indonesia saat ini.

“Mengurus dan membangun bangsa sebesar ini tak bisa sendiri-sendiri, mesti bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa lainnya, termasuk kerjasama lintas partai politik,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Kamhar, Partai Demokrat memiliki program Silaturahmi 360 derajat, termasuk didalamnya silaturahmi dengan pimpinan-pimpinan partai politik.

“Sebagai implementasi program tersebut, Partai Demokrat dipimpin Mas Ketum AHY sudah pernah bertandang ke Kantor DPP Partai Golkar. Silaturahmi antara Pimpinan Partai Golkar dan Partai Demokrat cukup intens. Hubungan dan komunikasi Mas Ketum AHY dan Pak Airlangga Hartarto terjalin dengan baik,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho