Deklarasi Anies Baswedan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1/2023). Dok: NasDem

JAKARTA – Anies Baswedan mengucapkan syukur dan terima kasih kepada PKS, Demokrat, dan NasDem karena sudah memberikan dukungannya untuk maju sebagai calon presiden di 2024.

Dia menyampaikan akan menjaga amanah yang diberikan ketiga partai politik itu sebaik-baiknya.

“Kami mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera sebagai partai pengusung. Insya Allah amanah ini kita jalankan sebaik-baiknya, untuk Indonesia,” kata Anies dalam unggahan di akun Instragram pribadinya, Selasa (31/1/2023).

Sebelumnya, NasDem telah mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres pada 3 Oktober 2022. Demokrat pun menyatakan dukungan serupa untuk Anies pada Januari ini.

Sementara itu, PKS juga mengatakan sepakat mendukung Anies sebagai bakal capres. Deklarasi resminya akan disampaikan dalam rakernas partai pada Februari mendatang.

Dengan demikian, koalisi pendukung Anies ini telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Menurut UU Pemilu, parpol atau gabungan parpol harus memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada Pemilu 2019 untuk mengusung pasangan calon presiden.

Partai NasDem memiliki perolehan suara sebesar 9,5 persen pada Pemilu 2019 lalu. Sementara Demokrat sebesar 7,77 persen dan PKS 8,21 persen. Secara akumulatif, tiga partai ini memiliki total suara 25,03 persen.

Jurnalis: Agung Nugroho