Anies Baswedan saat menghadiri deklarasi capres partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Saat menghadiri HUT Golar ke-58, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengingatkan partai politik agar tidak sembrono dalam menentukan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku tak sembrono memilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk maju pada Pilpres 2024.

“NasDem tak sembrono pilih Anies, makanya NasDem pilihnya Anies Baswedan,” kata Paloh dalam sebuah postingan di akun Twitter resmi Partai Nasdem @NasDem.

Paloh beralasan Anies selama ini sudah memiliki pengalaman yang tinggi. Sehingga, ia menganggap pilihan tersebut tak sembrono.

Ya, (karena) memiliki jam terbang yang tinggi di mata NasDem,” ucap dia.

Sejauh ini, NasDem sudah mendeklarasikan Anies sebagai capres pada awal Oktober lalu. Namun, NasDem tak bisa sendirian mengusung calon presiden untuk maju di Pilpres 2024. Pasalnya, partai yang dibentuk tahun 2011 itu hanya meraih 9,05 persen suara pada Pemilu 2019.

Sementara syarat ambang batas pencalonan presiden yaitu memiliki 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di DPR. Oleh karenanya, NasDem harus mencari rekan koalisi parpol lain untuk mengusung Anies.

Jurnalis: Agung Nugroho