Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar/Dok: Pemkab

JAKARTA – Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menyebut saat Zaki Iskandar memegang kendali Partai Golkar DKI Jakarta ada banyak perubahan yang signifikan yang terjadi di lapangan.

Menurut Jerry, branding image partai Golkar kembali naik lantaran banyak terobosan baru yang dibuat oleh Zaki.

“Saya percaya dengan ketulusan Zaki Iskandar membangun Golkar di DKI, maka partai penguasa terlama di Indonesia ini sejak era Soeharto, bakal masuk 5 besar suara dalam Pileg mendatang,” kata dia, Minggu (9/10/2022).

Diketahui sejauh ini sejak Fauzi Bowo menjabat Golkar di DKI Jakarta turun drastis dan kini hanya meraih 6 kursi di bawah Nasdem 7 kursi. Pertama PDIP 28 kursi, Gerindra (19 kursi), PKS (16 kursi), Demokrat (10 kursi), PAN (9 kursi) dan PSI (8 kursi).

Jerry mengungkap saat ini Golkar berada di posisi ke-8. Jadi ada kemungkinan jumlah kursi PSI berkurang 3-4 dan PAN, serta PDIP. Menurutnya Golkar bisa merebut 10-11 kursi pada pileg mendatang.

Selain itui kata Jerry, Zaki Iskandar berpeluang lolos dalam Pilkada sebagai Cagub.

“Jika lolos maka parpol yang punya kans besar berafiliasi dengan Golkar yakni PKS. Komunikasi kedua parpol ini sudah berjalan mulus, Dan peluang menang cukup besar,” pungkas Jerry.