Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh melakukan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Senin (22/8/2022). Dok: ist

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh melakukan pertemuan di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menegaskan pihaknya tidak menutup kemungkinan koalisi dengan PDIP di 2024.

“Tidak menutup kemungkinan (koalisi dengan PDIP). NasDem tidak punya masalah dengan siapapun. Sejauh kemudian kesepakatan kesepahaman itu bisa dibangun bersama-sama, dan tentu juga harus menghormati apa yang sudah menjadi keputusan rakernas,” kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Willy menyebut koalisi NasDem dengan PDI Perjuangan cukup untuk bisa mengusung nama capres-cawapres di Pemilu 2024.

“NasDem sama PKS saja belum cukup, NasDem itu cukup dengan PDI, Golkar, dengan Gerindra, itu butuh satu paket. Ini satu hal yang dinamislah ya komunikasi terus terjadi kesepahaman-kesepahaman terus dijajaki,” ucap Willy.

Dia menjelaskan, Ketua Umum NasDem Surya Paloh menginginkan koalisi partainya di 2024 menjadi paket yang komplet. Surya berpesan koalisi bukan hanya pepesan kosong yang bisa bubar di tengah jalan.

“Kemudian ini (koalisi) kan berbicara paket komplet tentu harus semua pihak terlibat. Ini bukan hal sederhana maka kemudian dibutuhkan ketenangan di sini, dibutuhkan bagaimana ini bukan pepesan kosong, bukan hanya semata-mata declare terus kemudian bubar jalan, itu engga,” jelas dia.

Disisi lain, dia menerangkan suatu hak yang benar-benar memberikan kepastian kepada publik di mana koalisi itu bukan hanya manuver taktis.

“Kalau namanya komit, akad, ya kawin gitu. Bukan hal yang gantung kiri gantung kanan tidak itu yang coba kami realisasikan. Termasuk hari ini membangun dialog dengan PDI Perjuangan,” imbuhnya.

Meski begitu, Willy mengatakan NasDem hingga kini masih menjalin komunikasi dengan parpol lainnya menjelang kontestasi politik 2024. Willy menyebut akhir tahun 2022 nanti akan ada keputusan soal koalisi.

“Ya jalan terus ya (komunikasi), NasDem bahkan dengan Gerindra juga jalan. Dengan PKB jalan, Demokrat PKS jalan. Semua kami jalani dan insyaallah akhir tahunlah kita lihat bagaimana nanti ada keputusan. Kita berusaha sudah ada kejelasan ada, kalau ibaratnya itu sudah ada kepastian capres dan koalisi pengusung,” pungkas dia.

Jurnalis: Dirham