Hasto dan Puan Maharani saat menggelar acara jalan santai dengan media di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (21/8/2022). Dok: PDIP

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menyerahkan sejumlah calon untuk menempati posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang kosong sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Hasto mengungkap hal itu saat menjawab pertanyaan wartawan soal kemungkinan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang akan dipercaya menjadi Menpan RB.

“Ya nama-nama, kan ketua umum sudah bertemu dengan bapak Jokowi, sudah mengadakan dialog yang cukup panjang, nama-nama sudah disampaikan,” kata Hasto saat menggelar acara jalan santai dengan media di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (21/8/2022).

“Pokoknya nama-nama kader PDIP yang berprestasi,” jelas dia.

Meski begitu, Hasto tak menyebut siapa yang akan terpilih menjadi Menpan RB. Menurut Hasto, hal itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. PDIP hanya mengirim nama, pilihan tetap ada di tangan Jokowi.

“Ya nama nanti bapak Presiden Jokowi yang akan mengumumkan sesuai dengan kewenangan beliau, hak prerogatif beliau, tetapi nama-nama sudah disampaikan oleh ibu Megawati,” ujar dia.

Hasto mengatakan, Megawati sudah melakukan pembicaraan dan dialog yang cukup panjang dengan Jokowi. Namun pembicaraan itu tidak terbatas hanya soal memilih Menpan RB pengganti Tjahjo.

Ada banyak hal lain yang juga dibahas, misalnya soal demokrasi yang harus tetap berjalan sesuai aturannya, hingga persiapan agenda Hari Pahlawan pada 10 November mendatang.

“Semua dibahas, dengan baik antara Pak Jokowi dengan Bu Mega di Istana,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho