Politikus senior Max Sopacua juga mengisyaratkan keterlibatan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dalam kasus tersebut

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menanggapi soal koalisi mereka di Pemilu 2024. Ia memastikan, dirinya terus berupaya agar Demokrat bisa mendapat koalisi di Pemilu 2024.

“Sebagai ketua umum partai Demokrat, saya akan meyakinkan dan berikhtiar sekuat tenaga agar Demokrat mendapatkan koalisi,” kata AHY saat berjumpa dengan awak media di Banda Aceh, Selasa (19/4/2022) malam.

AHY menjelaskan, dalam pesta Demokrasi 2024, Demokrat tidak bisa sendirian. Demokrat harus membangun koalisi.

“Kami tentu harus membangun koalisi dengan satu partai besar mungkin, atau dua partai yang menengah atau tiga, tetap harus membangun koalisi. Kalau punya cita-cita kita ingin mengikuti kontestasi Pilpres, pertama dan utama harus membangun koalisi,” kata dia.

Terkait parpol apa saja yang berpotensi menjadi mitra koalisi Demokrat di 2024, AHY menegaskan semua parpol saat ini mempunyai peluang untuk menjadi mitra koalisi mereka.

“Siapa mereka? Ya, semua parpol tidak ada kecuali. Karena, semua mungkin. Ingat, politik is the art of possible. Apa yang kita harus siapkan adalah segala kemungkinan,” jelas AHY.

“Makanya, tidak ada yang tidak mungkin dan tidak boleh menutup celah. Karena semua masih mungkin apalagi sekarang masih 2022, masih sangat jauh,” lanjut AHY.

Lebih lanjut, AHY mengatakan saat ini dirinya terus mempersiapkan diri. Ia tidak bisa berandai-andai terkait kemungkinan menjadi capres di 2024.

“Saya sebagai pribadi tentu saya ingin juga terus mempersiapkan diri. Tetapi, saya pastinya meyakini sekali bahwa ini kan kehendak Allah dan tentu tergantung kehendak rakyat,” kata AHY.

“Jadi, kami tentunya tidak ingin terlalu berandai-andai hanya bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mudah-mudahan terbuka jalan, mudah-mudahan ada peluang,” pungkas AHY.

Sumber: Kumparan.com