Tanah Datar, INDONESIAPARLEMEN.COM – Untuk pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat dari partai Gerindra dengan nomor urut 2 (dua) Drs. H. Nasrul Abit dan Dr. Ir.H. Indra Catri, M.T pada pemilihan Kepala daerah (pilkada) Sumatera Barat tahun 2020.

PAC (pimpinan anak cabang) partai Gerindra kecamatan Rambatan mengadakan pelatihan saksi untuk TPS yang ada di nagari pada kecamatan Rambatan.

“Kegiatan ini berlansung di nagari padang mogek kecamatan rambatan kabupaten tanah datar provinsi sumatera barat sabtu (5/12/2020) pukul 13 :00 WIB s/d selesai.

Pada kegiatan tersebut, Asdi sebagai juru pelatihan saksi, menjelaskan pada saksi yang hadir, ada sembilan tugas yang harus dipahami oleh saksi pada pemungutan suara di TPS, setelah mengurai dan menjelaskan dari tugas yang sembilan itu.

Asdi juga menjelaskan, ada empat yang menjadi tugas pokok oleh para saksi di antara tugas yang sembilan diantaranya :

1. Mengikuti pemungutan suara dari awal sampai akhir di TPS.
2. Menyerahkan surat mandat kepada anggota PAC paling lambat hari pertama pemungutan suara
3. Mengikuti penghitungan suara sampai selesai.
4. Meminta rekapitulasi kepada TPS hasil perolehan suara.

Setelah pelatihan saksi selesai wartawan indonesiaparlemen.com menghubungi ketua PAC partai gerindra Arifin.A.Md, datuak (dt) rangkayo mulia yang hadir pada saat kegiatan pelatihan, Arifin. A.Md menyampaikan ” 170 (seratus tujuh puluh) saksi ditambah 10 (sepuluh) kordinator nagari yang hadir pada kegiatan pelatihan saksi, para saksi yang hadir berasal dari lima nagari yang ada pada kecamatan rambatan yaitu nagari simawang, nagari tigo koto, Nagari Rambatan, Nagari balimbiang dan Nagari padang mogek,” ungkapnya.

Arifin. A. Md juga mengharapkan pada saksi yang bertugas pada TPS yang ada di Nagari marilah kita bekerja dengan sepenuh hati dan bersungguh sungguh untuk ke unggulan calon gubernur dan wakil gubernur yang kita usung dalam Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020.

“Kepada lapisan masyarakat kecamatan Rambatan secara khusus dan masyarakat provinsi Sumatera Barat secara umum, mari kita sukseskan Pilkada tahun 2020,”ajaknya.

Terkait masih mewabahnya virus corona, mari kita ke TPS dengan melaksanakan ajuran protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ungkapnya.

(NICO)