Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Dok: IP/Dirham

BEKASI – Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024 mendatang.

Hal ini dikatakan Uu usai Ridwan Kamil memberi dukungan kepada Airlangga nyapres di Pilpres 2024.

“Pak Gubernur (Ridwan Kamil) digadang-gadang dicalonkan menjadi wakil Presiden. Saya siap melanjutkan kepemimpinan pak Gubernur di Jawa Barat,” kata Uu kepada Indonesiaparlemen.com di Muara Paljaya, Kabupaten Bekasi, Minggu (29/1/2023).

Dia mengaku ada rasa cemas terkait program yang sedang berjalan akan terputus di tengah jalan atau tergantikan dengan program lain jika nanti bukan dia yang melanjutkan menjadi Gubernur Provinsi Jawa Barat.

“Seperti menggali sumur tidak ada air pindah, gali lagi tidak ada pindah lagi.  Kebiasaan pemimpin baru punya ego,” jelas Uu.

Dia berharap, Program yang sedang berjalan di Jawa Barat bisa diselesaikan dengan baik.

“Sehingga program jawa barat Jawa Barat (saat ini) diteruskan. Saya tidak akan merubah Misi dan Visi Jawa Barat karena tanggung jawab saya sebagai penerus kang Emil. Karena Saya yang tau misi visi kang Emil itu kuat, misi Kang Emil memperjuangkan, misi Kang Emil menjalankan,” ujar dia.

Kendati demiikian, pria yang sering disapa Kang Uu itu enggan menyampaikan calon Wakil Gubernur yang akan digandeng olehnya. Meski begitu, dia mengaku belum cukup jika hanya ditunjuk dari Partai Politik.

“Tidak cukup elektabilitas di pengurus partai, tapi juga elektabilitas di masyarakat,”tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengutarakan rencananya untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024 mendatang. UU Ruzhanul mengatakan jika dirinya layak untuk dipilih menjadi gubernur Jabar karena telah memiliki pengalaman dan solusi untuk membangun Jawa Barat.

“Seperti saya akan menjadi Gubernur Jawa Barat, diperjuangkan oleh bapak dan ibu semua insya Allah kami akan menjadi apa yang diharapkan oleh Partai Persatuan Pembangunan, saya menjadi gubernur di masa yang akan datang, adalah sebagai penerus melanjutkan Ridwan Kamil,” kata Uu Ruzhanul di acara Hari Lahir (Harlah) PPP di Tasikmalaya, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Jurnalis: Dirham