Pakar politik Amerika, Jerry Massie. Dok: ist

JAKARTA – Political and Public Policy Studies (P3S) menggelar webinar yang bertajuk ‘Menakar Calon Potensial Gubernur Sulawesi Utara dari PDIP 2024′ Jumat (02/12).

Jerry Massie menyebut saat ini kekuatan PDIP di Sulut sangat besar. Dia memprediksi Joune Ganda akan diusung PDIP. Menurut Jerry, selainmemiliki kedekatan dengan Olly Dondokambey beliau figur bersih dan punya strategi memajukan Sulawesi Utara (Sulut).

“Saya kira Wali Kota Manado juga Andrei Angouw punya potensi besar. Selain Bendahara PDIP Sulut seorang pengusaha. Kalau mewakili Nusa Utara maka Andi Silangen lebih berpeluang dan mewakili generasi muda maka Rio Dondokambey punya potensi besar,” jelas Jerry.

Pengamat Politik internasional ini menilai, PDIP juga terbentuk pada jiwa soliditas serta dukungan parpol untuk calon kepala daerah.

“Tanpa koalisi pun saya kira PDIP akan memenangkan pertarungan. lihat saja saat ini PDIP menguasai Gedung Cengkih dengan 18 kursi dan 11 Ketua DPRD. Bukan itu saja, saat ini 11 kepala daerah dikuasai PDIP kecuali Sangihe, Talaud dan Boltim,” ujar Jerry.

Hal itulah yang menurut Jerry sebagai tanda bahwa kekuatan PDIP saat ini tak terbendung di Sulut.

Soal Calon Potensial PDIP, Jerry menyampaikan bahwa calon yang berpotensi besar diusung PDIP adalah Bupati Minut Joune Ganda. Selain memiliki kedekatan emosional dengan Olly Dondokambey, Ganda adalah figur yang bersih dan punya strategi memajukan Sulut.

Jerry menarik kesimpulan akan ada dua kuda hitam yang patut diperhitungkan dan jangan dianggap remeh. Itu adalah Maurits Mantiri dan Andrei Angouw.

“Untuk Cawagub dari PDIP, nama Julius Jems Tuuk yang sekarang duduk sebagai Anggota DPRD Sulut Dapil BMR sangat wajar dipertimbangkan. Tapi juga untuk Cawagub dari luar PDIP seperti Royke Lumowa juga wajib diamati,” kata Jerry.

Di kesempatan yang sama, pengamat politik Jeirry Sumampow menyampaikan bahwa Sulut saat ini tengah dikuasai oleh PDIP. Namun di pilgub 2024 PDIP bisa saja berkoalisi dengan parpol lain dan bisa saja tidak, dalam artian maju dengan kekuatan sendiri.

Jeirry mengatakan ada beberapa calon potensial yang bakal di usung PDIP dalam kontestasi Pilgub 2024 nanti. Misalnya Wakil Gubernur Sulut yang tengah menjabat sekarang ini yakni Steven Kandouw.

“Steven Kandouw punya potensi untuk melanjutkan kepemimpinan Olly Dondokambey di 2024 nanti,” Katanya.

Dia juga menyoroti kehadiran Rio Dondokambey dengan rekam jejak yang mulai terjun di dunia politik.

“Rio saat ini tengah memegang jabatan strategis di organisasi seperti Ketua KNPI, Ketua Kadin dan lainnya. Itu menandakan bahwa Pak Olly tengah mempersiapkan Rio di kanca perpolitikan Sulut bahkan nasional,” pungkas Jeiry.